Petunjuk Akses dan Tampilan Beelingua

PETUNJUK AKSES DAN TAMPILAN BEELINGUA 

Hi Binusian,  

Bagi Binusian yang hendak mengakses Beelingua, caranya mudah. Anda cukup login ke laman Web https://newbinusmaya.binus.ac.id/login seperti tampilan berikut:

Setelah itu, masuk melalui fitur Sign in with Microsoft. Ketikkan akun dan password Binusmaya Anda. Akun dan password Binusmaya adalah akun microsoft yang menggunakan alamat email binus.ac.id. Setelah berhasil login, lanjutkan pada langkah berikut.  

Pertama, klik tanda titik sembilan pada bagian kiri atas Web, dan pilih menu Beelingua seperti berikut.  

Anda juga bisa switch App dengan cara yang sama, mengeklik tanda titik sembilan pada bagian kiri atas dan memilih menu yang hendak dituju.  

Setelah berhasil Login, Anda akan menemukan tampilan berikut.  

 Anda akan mendapatkan informasi singkat mengenai halaman Home di Beelingua. Pada halaman ini, Anda akan menemukan Main Menu yang ada di Beelingua, Game, Leaderboard, Notification, Switch Journey, Profile, Course, dan Lifepoints. 

Pada menu Profile mahasiswa, terdapat informasi sebagai berikut: 

  1. Foto Profile 
  2. Nama 
  3. Role 
  4. Academic Program 
  5. Jumlah Experience Point (XP) yang diperoleh:  
  • Hanya tampil apabila mahasiswa sudah memilih journey 
  • Adapun nilai XP untuk setiap komponen dalam suatu course adalah sebagai berikut: 
  • Unit = 10 XP 
  • Checkpoint (CP) = 50 XP 
  • Course Mastery (CM) = 100 XP 

Dengan demikian, apabila mahasiswa menyelesaikan 1 Course, maka mahasiswa akan mendapatkan XP sebanyak 330 dengan perhitungan sebagai berikut: (8 unit * 10) + (3 CP * 50) + (1 CM * 100) = 80 + 150 + 100 = 330. 

Nilai EPT. Nilai EPT hanya tampil apabila mahasiswa sudah mengambil Proficiency Test/ hasil Upload External Proficiency telah disetujui. 

Daftar menu terbagi menjadi fitur: 

My Certificate – akan mengarahkan ke halaman Certificate 

  • My Subscription – akan mengarahkan ke halaman My Subscription 
  • Register Journey – akan mengarahkan ke halaman Register Journey 
  • Help & Support – akan mengarahkan ke halaman Binus Support 
  • Logout – keluar dari aplikasi Beelingua 

Di bagian atas Menu Profile, Anda akan menemukan ikon Lonceng, Bendera, Tropi.  

  1. Ikon Lonceng adalah fitur notifikasi. Apabila notifikasi belum dibaca, maka akan berwarna biru. Akan tetapi, apabila notifikasi sudah dibaca, maka akan berwarna putih. Terdapat 2 tab pada notifikasi, yakni Beelingua dan Others. Notifikasi pada tab Beelingua adalah notifikasi yang berasal dari Beelingua, sedangkan notifikasi pada tab Others adalah notifikasi yang berasal dari sistem lain, seperti BM7.  
  2. Ikon Bendera bertujuan untuk melihat Journey. Ketika diklik, akan tampil daftar journey yang diikuti oleh mahasiswa. Jika mahasiswa ingin berpindah journey, mahasiswa dapat klik button Switch 
  3. Ikon Tropi adalah ikon untuk mengetahui rangking berdasarkan experience point (XP) secara general.  

 Demikian penjelasan mengenai akses dan tampilan utama Beelingua. Anda bisa membaca artikel Beelingua lainnya jika terdapat kendala saat Register atau memulai Course. Selamat menjelajahi dunia Beelingua, semoga sukses.