PEMILIHAN DUTA BAHASA BINUS TAHUN 2023

Universitas Bina Nusantara menggelar “Pemilihan Duta Bahasa BINUS tahun 2023”. Acara yang digagas oleh Digital Language Learning Center, Fakultas Humaniora ini bertujuan untuk mewujudkan Trigatra Bangun Bahasa bagi mahasiswa, yaitu mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing. Selain itu, program duta bahasa ini juga bertujuan untuk mempersiapkan Binusian untuk seleksi berikutnya di tingkat provinsi, yaitu Duta Bahasa Provinsi DKI Jakarta, Duta Bahasa Provinsi Banten, Duta Bahasa Provinsi Jawa Barat, Duta Bahasa Provinsi Jawa Timur, dan Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

Rangkaian acara yang berlangsung sejak 21 November 2022 s.d. 20 Februari 2023 ini diikuti 78 Binusian yang berasal dari kampus BINUS @Greater Jakarta, BINUS @Bandung, BINUS @Malang, dan BINUS @Semarang. Kegiatan semifinal yang berlangsung secara bauran/hybrd berpusat di BINUS @Semarang. Dalam kegiatan tersebut, semifinalis mendapatkan pembekalan materi teknik penulisan esai, wawasan kebahasaan, dan kriteria duta bahasa. Selain itu, semifinalis juga mengikuti proses wawancara seputar kebahasaan, kepribadian, dan minat bakat.

Peserta melewati proses seleksi yang tidak mudah, mulai dari penulisan esai, seminar daring, kampanye bahasa, tes wicara publik, wawancara kebahasaan, wawancara kepribadian, penampilan minat bakat, dan serangkaian kegiatan lainnya. Dengan semangat dan antusias yang luar biasa, 32 Finalis Duta Bahasa BINUS tahun 2023 terpilih untuk lanjut ke babak final dan puncak pemilihan yang diadakan secara luring di Auditorium Lantai 4, kampus BINUS @Kemanggisan, Jakarta.