KEMERIAHAN PUNCAK PEMILIHAN DUTA BAHASA BINUS TAHUN 2023

Puncak pemilihan Duta Bahasa BINUS tahun 2023 diselenggarakan secara luring di Auditorium Lantai 4, kampus BINUS @Kemanggisan, Jakarta. Acara yang diselenggarakan pada Senin, 20 Februari 2023 ini merupakan acara puncak setelah finalis melalui serangkaian tahap seleksi.

Acara ini dihadiri oleh finalis Duta Bahasa dari BINUS @Malang, BINUS @Semarang, BINUS @Bandung, dan BINUS @Greater Jakarta. Selain itu, hadir juga direktur kampus, dekan, juri, dosen, dan Binusian yang siap menjadi saksi diumumkannya pemenang Duta Bahasa BINUS tahun 2023. Turut hadir keluarga, teman, dan sahabat para finalis untuk memberikan dukungan. BINUS TV pun turut mendukung dengan meliput keberlangsungan acara dari awal hingga akhir.

Dalam puncak pemilihan ini, diumumkan 10 terbaik Duta Bahasa BINUS yang telah melewati serangkaian proses seleksi. Sebanyak 10 terbaik yang terpilih akan mengikuti tahap akhir, yaitu menjawab pertanyaan dari juri seputar literasi, bahasa, sastra, dan budaya Indonesia dalam waktu 1 menit. Penilaian akhir ini yang menentukan siapa yang akan menjadi pemenang Duta Bahasa BINUS tahun 2023.

Selain itu, puncak pemilihan Duta Bahasa BINUS ini menjadi perhatian Binusian yang hadir menyaksikan kemeriahan acara ini. Salah satu hal yang menarik perhatian adalah unsur budaya dan sastra Indonesia yang melekat dan menghiasi jalannya acara. Unsur budaya dan sastra Indonesia yang melekat dalam puncak pemilihan menambah kemeriahan acara yang digagas oleh Digital Language Learning Center, Universitas Bina Nusantara ini.

Unsur budaya digambarkan dalam kostum yang digunakan oleh para finalis dalam acara ini. Finalis mengenakan pakaian adat dari Sabang sampai Merauke, seperti Aceh, Padang, Betawi, Makasar, Papua, dll. Selain itu, alunan musik berbahasa daerah juga mengiringi rangkaian acara. Unsur budaya dan sastra lainnya juga dapat dirasakan melalui penampilan dari para finalis. Ada yang menampilkan pembacaan puisi, musikalisasi puisi, bernyanyi lagu daerah dan lagu nasional, dan tarian Nusantara.

Oleh karena itu, dalam puncak pemilihan ini, finalis Duta Bahasa BINUS menbuktikan bahwa mereka adalah ikon pemuda peduli bahasa yang berbakat, berkarakter, dan berwawasan.

Salam, Aku cinta bahasa Indonesia!