[Student Corner] Peran Mahasiswa dalam Perkembangan Bahasa Indonesia di Era Modern

Oleh: Refirza Iriansaka

Bahasa Indonesia merupakan bahasa universal yang dipergunakan oleh seluruh warga negara Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan salah satu alat komunikasi terpenting yang digunakan oleh bangsa Indonesia untuk mempersatukan masyarakat Indonesia yang sangat beragam. Namun, akhir-akhir ini, dalam perkembangan era terbaru, penggunaan serta perkembangan bahasa Indonesia mulai menyimpang asal ideologi sejatinya. Mahasiswa memiliki tanggung jawab dan juga kiprah yang besar untuk mempertahankan otentisitas bahasa Indonesia.

Mahasiswa merupakan golongan pemuda penerus bangsa yang bertanggung jawab untuk mempersatukan bangsa Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia. Masyarakat Indonesia yang majemuk asal ujung satu ke ujung lainnya memiliki beberapa perbedaan yang dapat memisahkan antar golongan. Oleh sebab itu, mahasiswa mejadi generasi muda Indonesia memiliki tanggung jawab untuk mencegah perpecahan bangsa ini. Bahasa merupakan salah satu aspek yang sangat krusial dalam menjaga persatuan karena bahasa memiliki pengertian sebagai media yang digunakan antar rakyat untuk berkomunikasi. Penggunaan bahasa indonesia menjadi bahasa universal dapat dijadikan sebagai senjaya yang sangat ampuh untuk mempersatukan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, mahasiswa wajib mempromosikan ilham penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari agar eksistensinya tidak pudar dalam era modern ini.

Mahasiswa pada topik ini juga dipandang sebagai golongan terpelajar yang memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan penggunaan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah yang baik dan benar. Hal ini diakibatkan oleh ilham penggunaan bahasa Indonesia yang luas bukan berarti relatif untuk mempertahankan otentisitas bahasa Indonesia. Oleh sebab itu, penggunaan bahasa Indonesia harus diimbangi oleh penggunaan kaidah yang baik dan benar. Mahasiswa terpelajar harus mempromosikan ide ini pada seluruh lapisan masyarakat. Hal ini dapat dimulai dari diri mereka sendiri yang memiliki usaha untuk menggunakan kaidah yang benar. Dengan menerapkan hal tersebut, masyarakat lainnya dapat terpengaruh oleh perilaku mahasiswa tersebut dan eksistensi bahasa Indonesia akan terjaga.

Sesuai poin-poin di atas, mahasiswa memiliki peran yang cukup besar terhadap perkembangan bahasa Indonesia pada era modern ini. Oleh karena itu, tanggung jawab yang dimiliki oleh mahasiswa sangat besar demi mempertahankan eksistensi bahasa Indonesia. Maka dari itu, peran mahasiswa dibutuhkan untuk dapat mulai beraksi pada permasalahan ini agar bahasa Indonesia dapat terus berkembang di era modern ini.

Refirza Iriansaka