[Student Corner] Peran Mahasiswa dalam Mempertahankan dan Mengembangkan Bahasa Indonesia

Oleh: Lorencia

Mahasiswa, sebagai insan akademis, selalu diminta untuk mengekspresikan pengetahuan dan ilmunya, baik melalui bahasa lisan maupun tulisan. Oleh karena itu, bahasa Indonesia memiliki peran penting sebagai sarana komunikasi dan mengekspresikan diri bagi mahasiswa. Mahasiswa memerlukan penguasaan bahasa Indonesia yang baik agar dapat mengaktualisasikan pikiran, gagasan, dan pengetahuannya dengan baik. Penguasaan bahasa Indonesia yang baik tentunya akan membuat mahasiswa dapat mengaktualisasikan pikiran, gagasan, dan pengetahuannya dengan baik. Maka dari itu, mahasiswa seharusnya berpartisipasi dalam mempertahankan dan mengembangkan bahasa Indonesia agar bahasa Indonesia tetap bisa menjadi sarana komunikasi yang baik bagi masyarakat Indonesia.

Bagaimana cara mahasiswa berpartisipasi dalam mempertahankan dan mengembangkan bahasa Indonesia?

Mahasiswa dapat berpartisipasi dalam mempertahankan dan mengembangkan bahasa Indonesia dengan meningkatkan minat membaca. Dengan membaca, seseorang akan memiliki wawasan yang luas sehingga ia dapat meningkatakan kemampuan mengaktualisasikan pikiran, gagasan, dan pengetahuannya. Selain itu, membaca dapat membantu mahasiswa untuk menambah perbendaharaan kata dalam bahasa Indonesia. Penguasaan kosa kata diperlukan agar kita segala konsep dan gagasan dapat dikatakan dengan bahasa Indonesia. Dengan demikian, membaca merupakan suatu kegiatan yang penting untuk menambah wawasan mahasiswa dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam berkomunikasi dan menyampaikan pikirannya.

Mahasiswa juga dapat berpartisipasi dalam mempertahankan dan mengembangkan bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesa yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. Berbahasa Indonesia yang baik dan benar bukan berarti harus selalu berbahasa ragam formal. Baik berarti menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan konteksnya dan tidak menggunakan kata-kata kasar atau umpatan. Benar berarti menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah atau aturan bahasa Indonesia. Oleh karena itu, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar akan membuat informasi yang kita sampaikan teratur dan dapat diterima dengan baik karena sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa, sebagai insan akademis, memiliki peran penting dalam mempertahankan dan mengembangkan bahasa Indonesia. Mahasiswa berperan untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik dalam aktivitas sehari-hari maupun keperluan akademis. Hal ini disebabkan karena penggunaan bahasa Indonesia yang disampaikan secara lugas dan dengan maksud jelas dapat memperlancar
komunikasi karena terhindar dari kesalahpahaman. Dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, mahasiswa terus menunjukkan perannya dalam mempertahankan dan mengembangkan bahasa Indonesia agar bahasa Indonesia menjadi sarana komunikasi yang baik bagi masyarakat Indonesia.

Lorencia