[Student Corner] Peran Bahasa Indonesia dalam Aktivitas Bisnis

Oleh: Fransiska Austene Setyawan

Bahasa Indonesia merupakan bahasa sehari-hari yang berperan dalam kelancaran aktivitas bisnis. Aktivitas bisnis yang dimaksud adalah menyampaikan keunggulan dan nilai dari produk maupun jasa yang kita jual. Di dalam aktivitas ini juga termasuk juga melakukan negosiasi, berdiskusi, memecahkan masalah, dan mempromosikan produk. Agar seluruh aktivitas bisnis berjalan lancar tentunya diperlukan komunikasi yang baik menggunakan bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia membantu kelancaran aktivitas bisnis seperti menyampaikan keunggulan produk, negosiasi, dan promosi produk.

Bahasa Indonesia membantu kelancaran aktivitas bisnis yaitu menyampaikan keunggulan produk. Menyampaikan keunggulan produk merupakan hal yang penting karena keunggulan produk merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen. Dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik, konsumen bisa memahami apa yang ingin disampaikan, yaitu keunggulan produk. Apabila kita menggunakan bahasa daerah, bahasa asing, maupun bahasa lainnya maka maksud yang ingin disampaikan akan sulit dimengerti. Hal ini dikarenakan bahasa tersebut mungkin tidak dimengerti oleh konsumen. Dengan menggunakan bahasa Indonesia, semua konsumen akan mengerti maksud yang ingin disampaikan karena bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang digunakan oleh masyarakat.

Bahasa Indonesia membantu kelancaran aktivitas bisnis yaitu negosiasi. Bahasa Indonesia berperan dalam negosiasi karena di dalam negosiasi diperlukan komunikasi yang baik dan lancar. Dalam bernegosiasi, faktor yang penting adalah penyampaian pendapat dari pihak yang bernegosiasi serta tercapainya kesepakatan yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Untuk itu tentunya diperlukan kelancaran komunikasi dan semua pihak haruslah mengerti maksud yang disampaikan agar tidak terjadi kesalahpahaman. Selain itu, negosiasi merupakan aktivitas formal sehingga tentunya perlu memperhatikan profesionalitas dari bahasa yang digunakan. Kemampuan menggunakan bahasa Indonesia yang baik menunjang kelancaran negosiasi.

Bahasa Indonesia membantu kelancaran aktivitas bisnis yaitu promosi produk. Promosi produk bisa melalui berbagai media seperti brosur, media sosial, dan lainnya. Promosi produk ini tentu tidak terlepas dari penggunaan bahasa Indonesia. Untuk mempromosikan produk dengan baik diperlukan kemampuan berbahasa yang baik juga agar konsumen tertarik membeli produk maupun jasa yang kita jual. Di dalam promosi produk ini termasuk juga menjelaskan mengenai keunggulan produk, harga produk, dan lainnya yang tentunya memerlukan komunikasi yang baik. Bahasa Indonesia membantu mengomunikasikan dan mempromosikan produk dengan baik dan lancar.

Oleh karena itu, bahasa Indonesia membantu kelancaran berbagai aktivitas bisnis yaitu menyampaikan keunggulan produk, negosiasi, dan promosi produk. Dengan bahasa Indonesia, kita bisa menyampaikan keunggulan produk kita dengan lancar. Bahasa Indonesia juga membantu dalam negosiasi karena kita bisa menyampaikan pendapat dan berkomunikasi. Selain itu, bahasa Indonesia juga membantu dalam aktivitas promosi karena kita bisa mengomunikasikan produk dengan baik. Bahasa Indonesia berperan dalam membantu kelancaran aktivitas bisnis.

Fransiska Austene Setyawan