[Student Corner] Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Sosial

Oleh: Alya Melati Putri

Di era digital ini, kultur asing dapat dengan mudahnya masuk melalui media sosial. Penggunaan media sosial yang semakin marak tidak terlepas dari eksistensi bahasa Indonesia. Pada sebagian masyarakat di media sosial menganggap orang dengan penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai orang yang menarik. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar bukan hanya untuk ajang bergaya di media sosial saja, tetapi penulisan yang benar diperlukan agar perkataan dan tulisan dapat tersampaikan dengan jelas dan mudah untuk dimengerti. Bahasa Indonesia dapat dilakukan di berbagai kegiatan yang ada di media sosial, seperti penggunaan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi antarsesama dan pembuatan konten.

Bahasa Indonesia dapat digunakan sebagai alat komunikasi, seperti bertukar kabar dan berkomentar. Media sosial membuat komunikasi dengan orang lain menjadi lebih mudah. Namun, tak jarang kesalahpahaman terjadi antara pengirim dan penerima. Hal tersebut dapat terjadi karena penggunaan bahasa Indonesia yang tidak benar atau penggunaan bahasa daerah yang tidak pada tempatnya. Dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, pesan yang ingin disampaikan dapat dimengerti dengan mudah. Komunikasi secara lisan dan tulisan pun akan menjadi lebih lancar dengan adanya penggunaan bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia juga dapat digunakan sebagai pembuatan konten di media sosial. Di era digital ini, banyak orang yang membuat konten di berbagai platform media sosial. Konten tersebut sangat bervariasi, mulai dari konten pendidikan sampai konten sehari-hari. Pembuat konten perlu memperhatikan isi konten dan cara penyampaian yang tepat untuk menarik atensi pendengar atau pembaca. Penggunaan bahasa Indonesia yang efektif mampu membuat pendengar atau pembaca memahami konten tersebut dengan jelas dan tidak bosan ketika mendengarkan penjelasannya.

Oleh karena itu, bahasa Indonesia dapat digunakan dalam berbagai kegiatan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dunia profesional. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar di media sosial membantu penyampaian maksud ucapan atau tulisan menjadi lebih jelas dan mudah dimengerti. Di era digital yang semakin canggih ini, eksistensi bahasa Indonesia harus dipertahankan dengan cara menggunakan bahasa Indonesia dalam setiap kegiatan di media sosial sehingga bahasa Indonesia tidak hilang tertinggal arus kemajuan teknologi.

Alya Melati Putri