Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Berbasis Digital

Teknologi sangat berperan dalam pembelajaran berbasis digital saat ini. Peranan tersebut dapat dirasakan melalui pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Teknologi menjadi peran utama dalam terlaksananya pembelajaran berbasis digital melalui media, aplikasi, dan perangkat. Penggunaannya semakin membuka ruang pembelajaran digital yang tidak terbatas ruang dan waktu sehingga dapat diakses kapan dan di mana saja. Untuk itu, pembelajaran berbasis digital tidak akan terlepas dari pemanfaatan teknologi yang semakin banyak, canggih, dan mudah diakses. Lalu, apa saja bentuk pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran berbasis digital?

Penggunaan Zoom, Google Meet, dan Microsoft Teams menjadi bentuk nyata dari pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran berbasis digital. Platform yang cukup populer ini digunakan sebagai media komunikasi seperti dalam konferensi video  yang menjadi model pembelajaran berbasis digital saat ini. Penggunaan platform tersebut memudahkan berkomunikasi tatap muka jarak jauh dengan pendidik ataupun peserta didik. Proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik karena berbagai fitur yang disediakan dalam platform ini seperti audio, video, perekam, berbagi tampilan, berbagi dokumen, ruang terpisah untuk diskusi kelompok, dan ruang untuk memberikan reaksi dan pesan.

Selain itu, ada pula penggunaan media interaktif Quizizz, Padlet, Kahoot, dan Mentimeter. Media pembelajaran ini menjadi pilihan yang banyak digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan materi, latihan, ataupun pekerjaan rumah. Penggunaan media ini dinilai efektif dan efisien karena tampilan dan fitur-fiturnya yang menarik serta mudahnya untuk diakses, baik melalui gawai maupun laptop/komputer. Selain memberikan materi dan soal dengan tampilan yang menarik, pendidik juga mudah melihat tanggapan, grafik belajar, dan nilai peserta didik. Sama halnya, peserta didik juga dapat mengakses secara mandiri sehingga tidak ada batasan ataupun halangan untuk tetap belajar sehingga tujuan pembelajaran pun tetap tercapai.

Pemanfaatan lainnya dapat dilihat dari pembelajaran berbasis video atau video based learning (VBL) yang sudah banyak diterapkan. Pembelajaran dengan video ini dinilai akan menjadi pengalaman belajar baru bagi pendidik dan peserta didik. Eksistensi multimedia ini semakin diminati karena kemudahan akses dan keefektifannya dalam menyampai pesan. Pengguna dapat menonton video melalui gawai, komputer, atau laptop dengan tampilan informasi (visual) dan uraian informasi (audio). Kedua elemen penting ini disajikan menjadi satu sehingga pesan dapat lebih mudah diterima dan diingat bagi yang menontonnya. Sering kali, pendidik juga menampilkan wajah saat membuat VBL tersebut sehingga peserta didik juga merasakan kehadiran guru atau dosen meskipun belajar mandiri dan jarak jauh.

Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan teknologi menjadi hal penting yang tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaran berbasis digital. Teknologi menjadi peran utama dalam menunjang keberhasilan pembelajaran melalui aplikasi, platform, dan media yang digunakan. Kemudahan akses dan kecanggihan fitur terus dimanfaatkan untuk memudahkan komunikasi, memulai pembelajaran, menyampaikan materi sampai memberikan evaluasi dalam pembelajaran berbasis digital ini. Teknologi terus menunjukkan perannya lewat keberhasilan pembelajaran jarak jauh saat ini yang tidak terhalang oleh alasan jarak, ruang, dan waktu.

 

Lifia Yola Febrianti