Karya Ilmiah: Meningkatkan Kesadaran Remaja untuk Menjaga Kesehatan Mental melalui Konten Digital

Agnes Rinawati Naulita Sianturi, Ariya Gunananda, Ignes Angelica, Joeliardo Gerald Leviothniel, Michael, Rahmi Yulia Ningsih

ABSTRAK

Remaja adalah manusia yang sedang mengalami masa transisi dari anak-anak menuju dewasa. Rentang usia remaja yaitu antara 16-19 tahun. Selama masa ini, remaja dapat mengalami tekanan akibat tantangan-tantangan kehidupan yang belum pernah ditemui sebelumnya. Hal ini menyebabkan masalah kesehatan mental menjadi hal yang kerap kali muncul pada remaja. Dari masalah diatas, peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran remaja dalam menjaga kesehatan mental melalui konten digital. Peneliti membuat konten digital yang berupa microblog dan diunggah di media sosial Instagram dengan nama Mentallymantul. Peneliti membuat kuesioner terbuka mengenai tingkat kesadaran terhadap kesehatan mental. Kemudian, partisipan akan diberi konten-konten yang berkaitan dengan kesehatan mental di Instagram Mentallymantul. Setelah 2 minggu, partisipan akan diberikan kuesioner terbuka mengenai pengaruh konten yang diberikan terhadap kesehatan mental. Peneliti menggunakan metode mixed methods dan data dianalisis dengan menggunakan skala likert dan persentase dari masing-masing frekuensi. Pada hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa tingkat kesadaran remaja dalam menjaga kesehatan mental cukup tinggi.
Namun, akses informasi yang berkaitan dengan pentingnya menjaga kesehatan mental masih sangat terbatas. Setelah diberikan konten digital, anggapan kesadaran remaja untuk menjaga Kesehatan mental meningkat sebesar 1,34% dan tingkat Kesehatan mental remaja meningkat sebesar 10%.

Kata kunci: Kesehatan mental, remaja, konten digital