Karya Ilmiah: MENINGKATKAN KESADARAN ANAK MUDA TERHADAP KEAMANAN DATA PRIBADI MELALUI KONTEN DIGITAL

Diandra Pramesti Kinasih, Evotianus, Grisella Meirisia Zega, Supandi Saputra, Vanechka Radja Winata, Rahmi Yulia Ningsih, S.Pd., M.Pd.

ABSTRAK

Saat ini internet menjadi salah satu elemen yang tidak dipisahkan dari kehidupan kita, mulai dari aktivitas berbelanja, hiburan, hingga edukasi. Semakin meningkatnya perkembangan teknologi, maka kejahatan di dunia digital pun ikut meningkat. Hal tersebut membuka kesempatan bagi orang yang ingin melakukan kejahatan digital karena data pribadi mudah diakses orang lain tanpa sepengetahuan dan izin dari pemiliknya.
Penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah tingkat kesadaran anak muda terhadap keamanan data pribadi berbanding lurus dengan pengetahuan mereka mengenai perkembangan teknologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebar kuesioner dan menganalisis data tingkat kesadaran anak muda terhadap keamanan data pribadi dan menganalisis langkah apa saja biasanya dilakukan anak muda untuk mengamankan data pribadi. Penelitian menggunakan konten digital sebagai media pembelajaran anak muda dengan tujuan meningkatkan kesadaran anak muda terhadap keamanan data pribadi. Hasil penelitian membuktikan bahwa informasi yang dibagikan dalam bentuk konten digital mampu memengaruhi kesadaran anak muda terhadap keamanan digital.

Kata kunci : keamanan, keamanan siber, keamanan data, konten digital