[ARTIKEL] Asyiknya Membaca Novel 

Asyiknya Membaca Novel 

2502041041 

Apakah kalian mengetahui apa itu novel? Menurut wikipedia, novel adalah salah satu jenis karya sastra yang berbentuk prosa. Cerita yang ada di dalam novel merupakan cerita fiktif hasil imajinasi dari penulis cerita yang menceritakan tentang kehidupan berbagai tokoh bersama orang-orang sekitar. Dimulai dari munculnya persoalan yang dihadapi oleh tokoh dan diakhiri dengan penyelesaiannya. Novel merupakan buku yang sangat populer di kalangan remaja bahkan orang dewasa. Novel sendiri memiliki ciri-ciri sebagai berikut : minimal 35.000 kata (100 halaman), lebih dari satu tokoh, mempunyai alur cerita yang rumit/kompleks, penokohan yang ditulis secara detail, terdapat konflik yang dapat menimbulkan perubahan nasib. 

Novel memiliki berbagai macam genre yang dibagi menjadi 5, dimulai dari novel romantis yang menceritakan tentang kisah percintaan, novel komedi yang memuat unsur-unsur komedi sehingga membuat pembaca terhibur, novel misteri yang menceritakan tentang kisah-kisah misteri sehingga menimbulkan rasa penasaran, novel horror yang menceritakan tentang kejadian-kejadian horror yang menegangkan dan menakutkan, dan novel inspiratif yang berisi hal hal yang menginspirasi pembaca. Membaca novel tidak hanya lewat buku fisik saja, namun kamu juga bisa membacanya melalui berbagai macam platform aplikasi seperti Google Play Books, Wattpad, Goodreads, NovelToon, NovelPlus, Innovel, dan masih banyak lagi. Tentunya ada beberapa cerita novel dengan fitur yang berbayar dan ada juga yang tidak berbayar, semua itu tergantung pada pilihanmu. 

Membaca novel merupakan kegiatan yang asyik untuk mengisi waktu luang, selain menghibur diri sendiri, ternyata membaca novel juga memiliki berbagai macam manfaat. Dengan membaca novel secara tidak kita sadari dapat menumbuhkan rasa empati, membuka pikiran kita dengan memandang dunia dari sisi lain, membuat kita mengenal banyak tata bahasa baru, meningkatkan memori kita, dan meningkatkan kreativitas kita dengan berimajinasi. Berikut merupakan beberapa rekomendasi novel best seller tahun 2021: Off The Record 3 – Ria SW, Pulang-Pergi – Tere Liye, Selamat Tinggal – Tere Liye, The Star and I – Ilana Tan, Antares – Reinda, dan Septihan – Poppi Pertiwi. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk membacanya?