[KARYA ILMIAH] KETIDAKTEPATAN PENULISAN EJAAN BAHASA INDONESIA DALAM IKLAN KOMERSIAL DAN NONKOMERSIAL

Baladiffa Aurora Herkanyaka, Filbert Fernandes Lienardy, Jayasidhi Ariyo Jordan, Jessica Hidayat, Vieri Ferdian Putra Basuki

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak ketidaktepatan penulisan ejaan pada iklan, terutama pada kata partikel, kata berimbuhan dan kata depan, singkatan dan akronim, tanda baca, serta unsur serapan bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data mengenai kesalahan dan ketidaktepatan penggunaan ejaan pada iklan, penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan dokumentasi sampel. Sampel penelitian di dalam penelitian ini adalah tiga puluh iklan baik iklan komersial ataupun iklan non-komersial yang ada di luar ruang ataupun iklan di dalam sosial media. Dari ketiga puluh iklan tersebut, diambil beberapa kalimat untuk dianalisis kesalahan dan ketidaktepatan penulisan ejaan berdasarkan : partikel, kata berimbuhan dan kata depan, singkatan dan akronim, tanda baca, serta unsur serapan bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan : (1) ketidaktepatan penulisan kata partikel pada iklan; (2) ketidaktepatan penulisan kata berimbuhan dan kata depan pada iklan; (3) ketidaktepatan penulisan singkatan dan akronim pada iklan; (4) ketidaktepatan penulisan tanda baca pada iklan; (5) ketidaktepatan penulisan unsur serapan bahasa Indonesia pada iklan.