English Proficiency Index 2018

 

 

Language Center Binus University berkesempatan mengikuti seminar dan konferensi pers di Thamrin Nine. Seminar ini diselenggarakan oleh EF Education First, Jakarta Chapter. Acara ini bertujuan untuk memahami:

  • Tantangan pendidikan dalam menghadapi tuntutan atas kebutuhan Sumber Daya Manusia pada Revolusi Industri 4.0
  • Peran pendidikan dalam meningkatkan keterampilan bahasa, sebagai salah satu kompetensi yang diperlukan untuk meningkatkan keahlian berkomunikasi (communication skills) SDM pada Revolusi Industri 4.0
  • Strategi pendidikan dalam memenuhi tuntutan atas kebutuhan SDM yang memiliki daya saing tinggi pada Revolusi Industri 4.0.
  • Sosialisasi pengukuran kemahiran berbahasa Inggris melalui EF SET (EF Standard English Test)

Acar ini dimoderatori oleh Kemal Mochtar. Acara ini juga diisi oleh para pembicara lainnya,seperti:

  1. Ananto Kusuma Seta, M.Sc., Ph.D. (Staf Ahli Bidang Inovasi dan Daya Saing Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.)
  2. Kemal Prihatman, M.Eng. (Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia)
  3. Dr. Minh Tran, Ed.D (Senior Director, Research and Academic Partnerships, EF Education First)

Informasi penting lainnya adalah English Proficiency Index (EPI) semakin banyak dikutip sebagai sumber terpercaya oleh jurnalis, pendidik, pejabat, dan pemimpin bisnis. EF EPI edisi kedelapan ini didasarkan pada data uji dari lebih dari 1.300.000 peserta tes di seluruh dunia yang mengikuti Tes Bahasa Inggris Standar EF (EF SET) pada tahun 2017.

Berdasarkan laman www.EF.com, EF SET adalah tes kemampuan membaca dan mendengarkan dalam Bahasa Inggris secara daring dan adaptif. Ini adalah tes terstandardisasi, skor-obyektif yang dirancang untuk mengklasifikasikan kemampuan bahasa peserta tes menjadi salah satu dari enam level yang ditetapkan oleh Common European Framework of Reference (CEFR). EF SET tersedia bagi setiap pengguna Internet secara gratis.

Selain itu, skor EF EPI 2018 menunjukkan bahwa skor tersebut berkorelasi kuat dengan skor TOEFL iBT 2017 (r = 0,82) dan skor IELTS Academic Test 2016 (r = 0,71). Korelasi ini menunjukkan bahwa, meskipun tes ini memiliki desain dan profil peserta tes yang berbeda, tes ini mengungkapkan tren serupa dalam kemahiran bahasa Inggris.

Ingin tahu kemampuan “Listening” dan “Reading” Anda?

Segera kunjungi: https://www.efset.org/free-english-test/

Informasi selengkapnya, silakan akses: https://www.ef.com/wwen/epi/

 

 

Semoga bermanfaat.