LANGUAGE CENTER GELAR WISUDA BIPA PERDANA

LANGUAGE CENTER GELAR WISUDA BIPA PERDANA.

Pada tanggal 2 Juli 2018 lalu, Language Center bekerja sama dengan International Office Binus mengadakan acara WISUDA BIPA BINUS untuk yang pertama kalinya. Wisuda Bipa Binus adalah acara seremonial yang menandai berakhirnya  satu periode program BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) mahasiswa asing dari berbagai negara. Dalam wisuda ini, Binus telah mewisuda 32 mahasiswa BIPA dari  Tiongkok, 10 mahasiswa BIPA dari Belanda, 1 mahasiswa BIPA dari  Jepang, dan 1 mahasiswa BIPA dari Australia.

Sebagaimana tema yang diusung, “BIPA Bahasakan Budaya Nusantara” , wisuda BIPA ini menyuguhkan keunikan budaya-budaya nusantara yang ditampilkan lewat persembahan tari piring, drama bawang merah bawang putih, lagu Indonesia, pembacaan puisi Indonesia, dan permainan berbalas pantun. Kecakapan orang asing menampilkan budaya Indonesia menghadirkan decak kagum penonton. Riuh tepuk tangan penonton hadir pada setiap penampilan. Bahkan, secara terang-terangan, penonton mengapresiasi mahasiswa BIPA Binus ini yang tidak hanya terampil berbahasa Indonesia tetapi juga sudah bisa bersastra dan budaya Indonesia.

Terlebih lagi ketika peluncuran buku kumpulan puisi dan cerpen karya mahasiswa BIPA Binus. Tidak disangka bahwa pengalaman dan suka cita mereka di Indonesia, mereka tuangkan dalam sebuah buku berjudul “Semasa Indonesia”. Buku ini mereka persembahkan sebagai kenang-kenangan untuk Binus University.  Semoga kegiatan seperti ini dapat menambah antusian Warga Negara Asing untuk belajar bahasa Indonesia di Universitas Bina Nusantara.