Bogor Chapter: Pelatihan BIPA 2015

“Practice makes Perfect”

BINUS Language Center mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan peningkatan mutu tenaga Pengajar BIPA di Hotel Padjajaran Suites Bogor pada tanggal 7-10 Agustus 2015. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di bawah arahan Prof.Dr. Mahsun, M.S.

Para peserta pelatihan BIPA
Para peserta pelatihan BIPA

Tujuan acara ini adalah memfasilitasi lembaga pengajaran dan pengajar BIPA dalam upaya meningkatkan mutu pengajaran BIPA. Secara khusus, kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengajar BIPA dalam pengembangan silabus dan rencana pengajaran, pengembangan bahan ajar, serta pemanfaatan teknologi dalam pengambangan bahan ajar.

Dr.Fauirul Zabadi dan Pak Setyo Untoro selaku Ketua Panitia
Dr.Fauirul Zabadi dan Pak Setyo Untoro selaku Ketua Panitia

Acara ini dihadiri oleh 45 peserta dari Sabang sampai Merauke, terdiri dari pegawai kantor/balai bahasa dan pengajar BIPA. Para pemakalah dan narasumber yang terlibat antara lain Dra.Yeyen maryani, M.Hum. dari Badan Bahasa, Ibu Paulina Chandrasari Kusuma, M.Hum dari Unika Atmajaya Jakarta, Ibu Dr.Liliana Muliastuti dari UNJ, Dr.Sugiyono dari Badan Bahasa Kementrian, Dr.Fairul Zabadi dari Badan Bahasa, Dr.Nunny Sulistiany dari UI, Dra. Emma L.M. Nababan dari Badan Bahasa.

Dr.Liliana Muliastuti, narasumber ahli CEFR
Dr.Liliana Muliastuti, narasumber ahli CEFR

Pada kesempatan ini, Ibu Dra.Yeyen Maryani, M.Hum. membuka acara dengan harapan semua peserta tetap semangat sebagai penggiat BIPA di Indonesia dan dunia. Beliau memaparkan keadaan pengajar BIPA di beberapa negara. Tahun ini, Badan Bahasa akan mengirimkan 18 pengajar BIPA ke beberapa negara seperti Polandia, Ukraina, Cina. Semoga acara ini semakin mempererat persatuan dan semangat para penggiat BIPA di tanah air. Jayalah Indonesia!

Salah satu kegiatan yang berkesan
Salah satu kegiatan yang berkesan

Semoga BIPA membawa kita menjadi A WORLD-CLASS UNIVERSITY tanpa meninggalkan jati diri bangsa.

Pak Kristianus Oktriono mewakili BINUS.
Pak Kristianus Oktriono mewakili BINUS.