Pelatihan BIPA 2015

Perkembangan dunia global dan era pasar bebas memberi dampak pada bertambahnya TKA (Tenaga Kerja Asing) yang ingin belajar dan bekerja di Indonesia. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan dimulai Desember 2015 diperkirakan akan menambah tinggi angka TKA yang bekerja di Indonesia. Salah satu kebutuhan penting yang berhubungan dengan dunia kerja adalah komunikasi berbahasa Indonesia.

Bersama Dr.Vismaia Sabariah Damaianti, M.Pd (UPI Bandung) dan rekan trainee.
Bersama Dr.Vismaia Sabariah Damaianti, M.Pd (UPI Bandung) dan rekan trainee.

Tentunya kebutuhan akan tenaga pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur ASing (BIPA) sangat penting untuk ditindaklanjuti. Salah satu universitas di Jakarta, UNJ menyelenggarakan pelatihan pengajaran kemahiran lisan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing Tingkat Dasar. Hal tersebut sejalan dengan rencana pemerintah dalam menyiapkan tenaga pengajar BIPA yang kompeten, profesional, dan berkualitas. BINUS Language Center diwakili oleh Pak Kristian dan Bu Rahmi berkesempatan mengikuti pelatihan selama 3 hari tersebut di Kampus UNJ, Rawamangun.

Duta Bahasa Nasional, Bu Rahmi Yulia Ningsih dan Pak Kristian dari LC BINUS
Duta Bahasa Nasional, Bu Rahmi Yulia Ningsih dan Pak Kristian dari LC BINUS

Aara tersebut juga diramaikan oleh pameran buku BIPA dan Bahasa Indonesia.

Pameran Buku BIPA dan Bahasa Indonesia di UNJ.
Pameran Buku BIPA dan Bahasa Indonesia di UNJ.

Acara ini dihadiri oleh 25 peserta dari seluruh daerah Indonesia dan 5 orang pemateri yaitu Dr.Vismaia (UPI), Dr.Nuny S.I (UPI), Bu Dwi Puspitorini (UI), Bu Liliana Muliastuti (UNJ), dan Bu Sintowati Rini Utami (UNJ). Selain itu acara ini dihadiri juga oleh Ketua Asosiasi Pengajar BIPA Jakarta Raya (APBIPA), Pak Totok S.,Ph.D. Acara pelatihan tersebut juga dimeriahkan oleh 4 orang pelajar asing yang belajar BIPA di UNJ.

  1. Salam sejahtera. Mohon bantuannya untuk memberikan informasi pelatihan Bipa. Apa saja dyaratnya Bapak/Ibu? Terima kasih

    • Selamat siang, Terima kasih atas pertanyaan Sdri.Artha. Di wilayah Jakarta, BIPA dipayungi oleh asosiasi APPBIPA JAYA. Silakan cek di tautan berikut: https://m.facebook.com/APPBIPAJaya/ Untuk informasi selengkapnya, silakan menghubungi APPBIPA Jaya atau Badan Bahasa Kemendikbud. Semoga membantu. Salam, LC