PEMBEKALAN DUTA BAHASA BINUS TAHUN 2023

Finalis Duta Bahasa BINUS tahun 2023 mengikuti pembekalan secara luring di BINUS SQUARE – Hall of Residence pada 18—19 Februari 2023. Pembekalan ini diikuti 32 finalis yang berasal dari kampus BINUS @Semarang, BINUS @Malang, BINUS @Bandung, dan BINUS @Greater Jakarta. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini bertujuan untuk mempersiapkan finalis Duta Bahasa BINUS sebelum memasuki tahap final, puncak pemilihan, hingga persiapan menuju pemilihan duta bahasa tingkat provinsi.

Sebelum datang langsung ke Jakarta, finalis dari berbagai area juga telah mengikuti serangkaian kegiatan secara bauran/hybrid. Kegiatan awal dimulai dari pembekalan informasi berupa teknis keberangkatan, kegiatan saat final dan puncak pemilihan, persiapan penampilan minat bakat, dan sesi foto. Selain itu, finalis juga mulai melakukan kampanye bahasa, pemasangan Twibbon, dan takarir bertemakan visi dan misi menjadi duta bahasa di media sosial Instagram. Finalis juga mendapatkan pembekalan dengan mengiuti seminar daring melalui grup WhatsApp dengan dua pemateri yang memaparkan fenomena kebahasaan.

Setelah melalui serangkaian kegiatan tersebut, finalis dari semua area kampus hadir secara langsung di BINUS SQUARE pada 18 Februari 2023. Kegiatan dimulai dengan pembagian samir, malam keakraban, dan sesi mentoring. Sesi mentoring tersebut dihadiri oleh alumni Duta Bahasa BINUS 2019—2022.

Kegiatan berlanjut hari ke-2, pada 19 Februari 2023. Finalis mengikuti pembekalan karakter dan kepribadian serta kemampuan wicara publik. Pembekalan karakter dan kepribadian disampaikan oleh Dr. Yustinus Suhardi Rumas, S.Fil., M.Si. dan pembekalan kemampuan wicara publik disampaikan oleh Maria Anggia W., S.Sos., M.M. Kedua materi pembekalan tersebut merupakan materi yang sangat penting dikuasai oleh finalis sebagai seorang duta bahasa.

Duta Bahasa BINUS adalah ikon pemuda berkarakter, berwawasan, peduli bahasa, sastra, dan budaya Indonesia.

Salam, Aku cinta bahasa Indonesia!