[Student Corner] Peran Teknologi dalam Perkembangan Bahasa Indonesia

Perkembangan Ilmu Teknologi Informasi dan Komunikasi (IPTEK) di zaman modern ini sudah tidak dapat terbendung lagi. Akses internet dan kemajuan teknologi telah banyak membantu manusia agar dapat saling terhubung dan saling membantu dimana saja dan kapan saja. Dunia teknologi pun sekarang semakin mendominasi kehidupan manusia, sehingga pada zaman kini manusia sangat bergantung pada teknologi itu sendiri. Dampak dari perkembangan teknologi tersebut dirasakan di semua bidang tak terkecuali bidang pendidikan yang dalam hal ini perkembangan bahasa Indonesia.

Peran teknologi dalam perkembangan bahasa Indonesia membantu masyarakat dan warga negara asing untuk mempelajari dan memahami bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Mempelajari dan memahami bahasa Indonesia sekarang ini tidak hanya bisa melalui buku dan kamus melainkan juga melalui pencarian di internet (karya ilmiah, jurnal, dll), penggunaan aplikasi (aplikasi KBBI, dll.), e-book¬ yang dapat diakses melalui handphone dan laptop, dan sebagainya. Masyarakat dapat mempelajari, mengoreksi penggunaan bahasa dan mencari rujukkan ilmu yang tepat melalui media dan situs-situs tersebut. Dengan adanya teknologi tersebut, masyarakat dapat memperbarui dan memperkaya kosa kata yang digunakan karena berbagai situs pembelajaran dari para ahli ilmu pun telah banyak dijumpai. Warga negara asing pun juga dapat dengan mudah mempelajari dan menerjemahkan bahasa ibu-nya ke bahasa Indonesia melalui internet dan kamus online dalam bentuk aplikasi untuk dapat berkomunikasi ketika sedang berkunjung atau bahkan ingin menetap di Indonesia.

Selain untuk memudahkan masyarakat dan warga negara asing dalam mempelajari dan memahami bahasa Indonesia, perkembangan teknologi juga dimanfaatkan oleh para penulis buku, penerbit dan penyair untuk mempublikasi karyanya agar lebih mudah dijangkau pembacanya. Penulis buku dan penyair kini berbondong-bondong menulis melalui media sosial atau dunia maya dan mempromosikan karyanya dengan jual beli online. Situs dan media jual beli yang mudah untuk diakses masyarakat, jasa pengiriman, dan review yang dapat dilihat dalam aplikasi mempermudah masyarakat yang ingin membeli buku. Selain itu, banyak juga penulis yang mempublikasikan karyanya dengan e-book yang dapat di download gratis maupun berbayar di aplikasi toko online sehingga hal inipun menjadi cara penulis untuk mendekatkan diri dengan pembaca setianya juga untuk menyebarluaskan karya sebagai mata pencariannya.

Dengan demikian, peran dan perkembangan teknologi sangat membantu masyarakat dari segala kalangan dan warga negara asing untuk mengembangkan kemampuan bahasa Indonesia dan mendapatkan sumber mata pencarian, baik dengan membaca penggunaan bahasa yang tepat, menerjemahkan, sampai dengan pengembangan bahasa melalui menulis dan membaca sebuah karya dalam media.

Jacklyn Elza Ivane