[Student Corner] Peran Mahasiswa dalam Perkembangan Bahasa Indonesia

Oleh: Callista Florensia Charene

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kita tentunya memerlukan bahasa nasional sebagai alat berkomunikasi. Bahasa merupakan elemen penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Tanpa adanya bahasa nasional, dapat dipastikan manusia akan sulit menjalankan kehidupan sehari-hari. Apalagi ada faktor lain yaitu bangsa Indonesia memiliki bahasa yang berbeda-beda dari setiap daerah. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mempertahankan dan mengembangkan jati diri Bahasa Indonesia.

Pada era sekarang ini, jati diri Bahasa Indonesia dapat dikatakan semakin memudar. Banyak masyarakat yang mulai menghilangkan rasa cintanya terhadap Bahasa Indonesia. Dalam era globalisasi dan kemajuan IPTEK saat ini, banyak manusia yang terpengaruh dengan budaya asing dan memilih untuk menggunakan bahasa asing karena mereka menganggap itu merupakan hal yang keren. Dalam hal ini, dapat dikatakan mahasiswa memegang peran dalam membantu untuk mempertahankan dan mengembangkan Bahasa Indonesia. Banyaknya jumlah mahasiswa dan dapat dikatakan mahasiswa adalah orang-orang yang sudah berpendidikan, maka dari itu mahasiswa dapat mengambil peran. 

Sebagai mahasiswa, kita harus terlebih dahulu mencintai Bahasa Indonesia, baru setelah itu kita bisa mengembangkannya. Dapat dimulai dari mengenali sejarah Bahasa Indonesia, kemudian meningkatkan minat membaca, meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan menulis. Selain itu juga sebagai mahasiswa, harus bisa lebih aktif lagi dalam segala kegiatan yang berkaitan dengan kemajuan Bahasa Indonesia. Seperti misalnya mengenalkan Bahasa Indonesia di hadapan internasional atau orang asing. Selain itu, mahasiswa bisa juga mengurangi menggunakan bahasa asing atau bahasa gaul, dan lebih memilih untuk menggunakan Bahasa Indonesia. Sebagai mahasiswa, kita juga dapat aktif dalam menulis di forum-forum dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Atau bisa juga dengan mengikuti acara perlombaan, seminar, dan pelatihan yang berkaitan dengan Bahasa Indonesia. 

Oleh karena itu, sebagai mahasiswa yang berpendidikan, kita harus mengupayakan diri kita untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Setelah itu, kita bisa menjaga, melestarikan, dan mengembangkan Bahasa Indonesia agar semakin dikenal oleh ranah internasional. Dengan begitu, kita bisa mempertahankan jati diri Bahasa Indonesia agar tidak terkena pengaruh buruk dari kemajuan zaman.

Callista Florensia Charene