[Student Corner] Peran Mahasiswa dalam Mengembangkan dan Mempertahankan Bahasa Indonesia

Oleh: Mohammad Ziyad Alhaq

Bahasa merupakan alat komunikasi yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Indonesia memiliki bahasanya sendiri yaitu bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan identitas nasional dan jati diri bangsa Indonesia. Saat ini, kerap kita mendengar masyarakat di sekitar kita berkomunikasi dengan bahasa gaul dan juga dicampur dengan bahasa asing karena orang-orang berpendapat bahwa dengan berbahasa gaul  Oleh karena itu, sebagai generasi muda, khususnya mahasiswa, harus berperan dalam mengembangkan dan mempertahankan bahasa Indonesia. Beberapa peran tersebut adalah dengan memperluas pengetahuan tentang sejarah bahasa Indonesia, meningkatkan minat baca, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

Mahasiswa dapat memperluas pengetahuan tentang sejarah bahasa Indonesia dengan mencari tahu peristiwa Sumpah Pemuda dan memahami makna dari peristiwa tersebut. Tanpa adanya Sumpah Pemuda, mungkin pada saat ini, bangsa Indonesia tidak mempunyai identitas nasional dan jati diri. Oleh karena itu, dengan memperluas pengetahuan tentang sejarah bahasa Indonesia, mahasiswa diharapkan lebih menghargai bahasa Indonesia dan mengembangkan kemampuan berbahasa Indonesia.

Meningkatkan minat baca adalah peran berikutnya yang mahasiswa dapat lakukan untuk mengembangkan bahasa Indonesia. Terdapat banyak manfaat dari membaca, salah satunya yaitu mahasiswa dapat menambah kosa kata baru yang dapat dijadikan referensi untuk menyampaikan sesuatu hal dengan jelas. Dengan banyak membaca, mahasiswa juga dapat memperbaiki tata bahasanya menjadi lebih baik. Secara tidak langsung, hal tersebut dapat mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Indonesia. 

Setelah mengetahui sejarah bahasa Indonesia dan mempunyai minat baca yang tinggi, peran berikutnya yang dapat dilakukan oleh mahasiswa adalah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah pengamalan dari sila ke-3 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pada saat ini, kerap kita mendengar orang-orang berbahasa gaul dicampur dengan bahasa asing dalam komunikasi sehari-hari. Oleh karena itu, untuk menjadi contoh masyarakat, mahasiswa diharapkan mampu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai upaya mempertahankan bahasa Indonesia agar tidak punah.

Sebagai kesimpulan, untuk mengembangkan dan mempertahankan bahasa Indonesia, mahasiswa dapat berperan dengan memperluas pengetahuan tentang sejarah bahasa Indonesia agar lebih menghargai bahasa Indonesia, lalu meningkatkan minat baca agar dapat memperbaiki tata bahasa dan menambah kosa kata, dan yang terakhir adalah berbahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah kepunahan bahasa Indonesia dan menjadi contoh yang baik untuk masyarakat.

Mohammad Ziyad Alhaq