[Student Corner] Fungsi dan Peran Bahasa Indonesia dalam Bidang Bisnis

Oleh: Elvira Raissa Zuleika

Bisnis adalah suatu kegiatan produksi, penjualan, pemasaran yang dilakukan oleh individu, organisasi, ataupun kelompok untuk mendapatkan keuntungan. Seseorang menjalankan sebuah bisnis untuk menyediakan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat, menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan kemajuan dan dan pertumbuhan ekonomi. Bisnis merupakan suatu kegiatan yang sangat penting. Sehingga dalam menjalankan suatu bisnis seseorang harus melakukannya dengan baik. Untuk menjalankan suatu bisnis dengan baik tersebut, seseorang memerlukan sikap yang baik juga, memiliki kreatifitas, cekatan, dan memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik. Bahasa Indonesia memiliki peranan sebagai alat komunikasi utama dalam bisnis. Bahasa Indonesia juga memiliki fungsi sebagai sarana dalam menyampaikan tujuan dan pendapat.

  Bahasa Indonesia memiliki peranan sebagai alat komunikasi utama dalam bisnis. Indonesia terdiri dari banyak daerah. Setiap daerah tersebut memiliki Bahasa daerah tersendiri yang membedakannya dengan daerah-daerah lain. Seorang pelaku bisnis juga dapat berbicara dengan seorang pelaku bisnis lain yang berasal dari daerah lain dengan Bahasa Indonesia. Dengan menggunakan Bahasa Indonesia seseorang dapat mengerti apa yang disampaikan dengan baik. Bahasa bisa memperlancar berjalannya roda bisnis. Bahasa Indonesia juga dapat menghubungkan masing-masing pihak. Sehingga hal tersebut dapat membantu memperluas relasi bisnis ke berbagai daerah. 

Bahasa Indonesia juga memiliki fungsi sebagai sarana dalam menyampaikan tujuan, gagasan, dan pendapat. Menggunakan Bahasa Indonesia komunikasi dapat berjalan dengan baik. Dengan Bahasa Indonesia seseorang dapat dengan mudah menyampaikan tujuan, gagasan, dan pendapat. Bahasa Indonesia membantu seseorang untuk mendapatkan banyak informasi dari berbagai derah. Hal tersebut dapat mendorong para pelaku bisnis untuk lebih kreatif dalam menciptakan ide-ide baru. Para pelaku bisnis juga dapat memberikan pandapat dengan baik sehingga tidak akan terjadi kesalahpahaman yang dapat memutuskan hubungan dalam berbisnis. 

Oleh karena itu, penggunaan Bahasa indonesia yang baik dan benar dapat membantu menjalankan bisnis dengan baik. Dengan menggunakan Bahasa Indonesia dalam bidang bisnis para pelaku bisnis dapat menjalan bisnisnya dengan baik. Para pelaku bisnis dapat memperluas relasi dengan para pelaku bisnis lain yang berasal dari berbagai daerah. Sehingga hal tersebut dapat membantu para pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnis mereka serta dapat meningkatkan keuntungan yang akan mereka hasilkan.  

Elvira Raissa Zuleika