Karya Ilmiah: PERANCANGAN PROTOTYPE SITUS WEB RACOON SEBAGAI BENTUK STRATEGI PROMOSI DI ERA DIGITAL

Alexander Immanuel Samosir, Ari Kusumadewi, Caroline Natalia Amran, Howan Anderson, Muhammad Arya Aqilah Fauzan, Rahmi Yulia Ningsih, Chairani Putri Pratiwi

ABSTRAK

Banyak cara dapat digunakan untuk mengaplikasikan digital marketing sebagai strategi promosi dari suatu usaha kuliner. Contohnya menggunakan bantuan media sosial, memberikan bermacam voucer cashback, atau mengantarkan makanan ke konsumen dengan gratis ongkos kirim. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan sebuah rancangan situs web promosi makanan dan minuman dengan mempelajari preferensi masyarakat mengenai tipe promosi ketika memesan makanan atau minuman secara online. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Dalam penelitian ini, penelitan dilakukan sampai pada tahap design (perancangan prototype). Untuk memperkuat penelitian, peneliti membuat survei dengan kriteria responden berdomisili di Indonesia dan berusia 17 – 53 tahun. Terkumpul sebanyak 52 responden dari 14 kota dan diketahui bahwa mayoritas responden yang berpartisipasi senang memesan makanan secara online dengan detail sebagai berikut: (1.) 88,3% responden menganggap penggunaan promo penting saat membeli produk dari usaha kuliner secara online; (2.) 43,1% responden selalu memakai promo saat membeli produk dari usaha kuliner secara online; (3.) Fitur yang paling diharapkan ada oleh para responden dari situs web promosi makanan dan minuman antara lain: voucer diskon (30%), cashback (19%), dan gratis ongkos kirim (26%).

Kata Kunci: pemasaran digital, voucer diskon, prototipe, cashback, gratis ongkos kirim.