[ARTIKEL] Budaya Memasang Bendera

2502040940 

Baru-baru ini kita memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76. Hari yang sakral, menyimpan banyak kisah dan perjuangan. Dahulu kita dapat merayakannya dengan melaksanakan upacara di sekolah, di kantor, di lingkungan rumah secara langsung. Lalu, bendera merah putih dikibarkan sembari melayangkan hormat. Rasa khidmat langsung muncul melihat sang merah putih berkibar. Namun, kini kita hanya sebatas menontonnya dari televisi dan melaksanakan upacara secara online. Banyak yang merindukan upacara bersama, lomba bersama, dan meneriakkan merdeka bersama-sama. Meskipun semua merayakannya masing-masing di rumah, bukan berarti kita lupa akan khidmatnya peristiwa kemerdekaan. Salah satu yang dapat kita lakukan ialah memasang bendera merah putih di halaman rumah. Setiap tanggal 17 Agustus, bendera merah putih wajib dipasang di setiap rumah untuk memperingati hari kemerdekaan negara Indonesia. 

Kemerdekaan tidak akan terasa lengkap tanpa adanya bendera merah putih di sepanjang jalan, di rumah-rumah, di mana pun kita melangkah ketika bulan agustus tiba. Hiasan-hiasan, baliho, dan pernak-pernik kemerdekaan lainnya sangat memengaruhi suasana memperingati hari kemerdekaan. Masyarakat sangat antusias menyambut HUT RI. Mengapa orang-orang tetap memasang bendera merah putih? Jika dipikir-pikir tidak ada keuntungan secara materiil bagi mereka. Namun, rasa nasionalis dan cinta tanah air lah yang membawa kita semua bersatu dan merayakan kemerdekaan secara sederhana yaitu dengan berpatisipasi memasang bendera merah putih. Seperti warna merah yang memiliki makna berani dan warna putih yang berarti suci, kita sebagai warga negara Indonesia harus dapat mencerminkan makna bendera tersebut. 

Bahkan di era pandemi seperti ini, masyarakat masih berpartisipasi dalam memeriahkan kemerdekaan Indonesia. Hiasan-hiasan mengenai perayaan kemerdekaan juga tetap ada. Lomba-lomba agustusan tetap dilakukan meskipun sebagian besar dilaksanakan secara online. Jadi, dapat kita simpulkan bahwa cinta akan tanah air ini tidak pudar meskipun bumi dan negara sedang dalam keadaan yang tidak baik-baik saja melihat pandemi belum usai. Kita harus bersatu dan bangga menjadi bagian dari negeri tercinta ini. Lekas lah pulih Indonesia-ku agar kelak sang merah putih berkibar dengan penuh sukacita. Jadi, kibarkan bendera merah putih dan kobarkan semangat mu!