MENGENAL UJI KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA (UKBI) MELALUI KLINIK BAHASA BINUS

Program Klinik Bahasa merupakan program kebahasaan yang rutin diselenggarakan oleh Language Center (LC) – Universitas Bina Nusantara (BINUS).  Pada kali ini, Program Klinik Bahasa BINUS mengusung tema “Mengenal Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) melalui Klinik Bahasa BINUS”. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi ZOOM pada Jumat, 20 Agustus 2021. Berkat kolaborasi antara LC BINUS @Jakarta @Bandung dan @Malang, acara ini berjalan sukses dan lancar.

Kegiatan bertujuan untuk: (1) menumbuhkan kesadaran dosen dan karyawan BINUS akan pentingnya mengikuti UKBI adaptif merdeka; (2) menambah pengetahuan dan wawasan dosen serta karyawan BINUS tentang UKBI Adaptif Merdeka; (3) meningkatkan motivasi dosen dan karyawan BINUS untuk mengikuti UKBI Adaptif Merdeka; (4) dan tercapainya standar nilai kemahiran berbahasa Indonesia bagi dosen dan karyawan berdasarkan Permendikbud tahun 2016 nomor 70 tentang standar kemahiran berbahasa Indonesia.

Untuk mencapai tujuan tersebut, kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yaitu Ibu Elvi Suzanti, M.Pd. Acara ini juga mengadakan simulasi tes UKBI Adaptif Merdeka yang dipandu oleh Bapak Pandu Meidian Pratama, dengan tujuan agar para dosen dapat melihat bentuk soal tes UKBI Adaptif Merdeka. Harapan ke depannya adalah para dosen dan karyawan BINUS dapat mengikuti tes UKBI Adaptif Merdeka yang sesungguhnya.