Hound melebihi Siri, Cortana, dan Google Now?

Aplikasi Hound
Aplikasi Hound

Ingat tokoh Jarvis dalam film Iron Man? pembaca mungkin akan bertanya tanya tokoh yang mana? kok tidak ada tokoh tersebut? Ya, tentu saja, Jarvis bukanlah tokoh manusia, dalam film ini Jarvis adalah sebuah program artificial intelligent yang mempunyai kepintaran untuk mengerti apa yang diucapkan tokoh Tony Stark atau Iron Man(diperankan Robert Downey Jr) yang memberantas kejahatan.

Jarvis - Iron Man
Jarvis – Iron Man

Dalam film ini Jarvis mampu mengerti apa yang diucapkan oleh Tony Stark dan melaksanakan apa yang diperintahkannya. Dengan kata lain program Jarvis ini mempunyai kemampuan intelligence, sehingga mampu mengerti ucapan manusia.

Tapi itukan hanya dalam film? tidak mungkin ada. Jangan salah program seperti ini dalam bentuk sederhananya sebenarnya sudah dapat diimplementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari. Hanya saja mungkin kita jarang menggunakannya. Bagi pengguna ponsel dengan sistem operasi IOS dan Android tentu pernah mendengar aplikasi Hound, SIRI, Cortana, dan Google Now. Keempat applikasi tersebut merupakan aplikasi personal asistan yang mampu mengerti apa yang diucapkan pengguna aplikasi tersebut dan melaksanakan perintah-perintah yang diberikan didalam smartphone tersebut.

Meski canggih, aplikasi personal assistant berbasis perintah suara seperti Siri, Cortana, atau Google Now tak selalu berhasil menangkap maksud perkataan pengguna. Kalau sudah begini, biasanya apa yang dilakukan sang asisten pribadi pun bisa tidak nyambung.

Kekurangan inilah yang coba diperbaiki oleh Hound, aplikasi personal assistant dari SoundHound yang antara lain dikenal lewat produk pengenal lagu ala Shazam.

Aplikasi Hound diklaim lebih baik dari Siri, Cortana, dan Google Now, Hound bisa memahami aneka macam maksud permintaan penggunanya , termasuk permintaan yang rumit dan disampaikan dalam bahasa percakapan sehari-hari.

“Hound akan mendefinisi ulang cara kita berinteraksi dengan perangkat, informasi, dan layanan,” kata CEO SoundHound Kevyan Mohajer dalam sebuah pernyataan yang dirangkum oleh KompasTekno dari PCWorld, Senin (8/6/2015).

Dalam video demonstrasi yang disertakann dapat dilihat bahwa Hound mampu mengerti permintaan yang diucapkan penggunanya mulai ayo bermain black jack, tunjukkan rute menuju S Street, menampilkan cuaca pada akhir pekan bahkan perkataan yang rumit yang spesifik seperti “Tunjukkan hotel bintang empat atau lima di Seattle untuk tiga hari yang harga per malamnya antara seratus lima puluh hingga dua ratus lima puluh dollar AS”, lalu menunjukkan hasil yang sesuai.

Rahasia “kepintaran” Hound terletak pada penggabungan teknologi voice recognition dan natural voice understanding dalam satu engine. Aplikasi-aplikasi personal assistant lain biasanya memecah langkah dengan menerjemahkan suara menjadi teks, kemudian mencoba mencari tahu apa yang dimaksud.

Untuk menghasilkan program seperti ini kata pembuatnya, Hound membutuhkan waktu pengembangan selama sembilan tahun untuk menyempurnakan semua fungsinya.

“Kami percaya akan terwujud dunia tempat kita semua bisa berbicara (dengan mesin) layaknya bercakap-cakap dengan orang lain, dan kami telah bekerja selama hampir satu dekade untuk menciptakan teknologi yang mewujudkan pandangan ini,” ujar Mohajer.

Berbeda dari Siri ataupun Cortana, Hound tak memiliki “kepribadian”, melainkan hanya berupa program yang akan bisa mengerti dan memenuhi keinginan penengguna.

Hound juga tersambung ke 50 domain atau layanan terkait yang menyediakan informasi seperti nilai mata uang, jadwal penerbangan, navigasi, dan berita. Sebagai perbandingan, ketika pertama kali diluncurkan pada 2011 lalu, Siri hanya tersambung dengan 10 domain.

Aplikasi Hound baru tersedia dalam bentuk private untuk platform Android dan iOS. Undangan untuk mencoba aplikasi ini bisa didapatkan dari situs SoundHound.

Akan kan akan ada era dimana asisten pribadi akan mempunyai kepribadian dan bahkan mampu berpikir, berbohong dan menipu manusia, untuk mempertahankan hidupnya seperti ide yang dikemukakan dalam film Ex-Machina

Ex Machina Movie
Ex Machina Movie

Reference:
Kompas Tekno.

http://tekno.kompas.com/read/2015/06/08/06462107/Hound.Lebih.Pintar.dari.Siri.dan.Cortana.

Hady Pranoto
  1. hallo

    • Halo. Salam kenal. Ada yang bisa dibantu?